Repo Dosen ULM

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERINTEGRASI PENDEKATAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI KELAS X MIA MAN 1 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Show simple item record

dc.creator Budi Perkasa, Yuliastono
dc.date 2019-10
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:59:15Z
dc.date.available 2020-06-15T03:59:15Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/8788/1/13-%28123-134%29-MAKALAH%20PTK%20YULIASTONOBUDI%20PRAKASA%20MAN%201%20BANJARMASIN%20%28REVISI%29.pdf
dc.identifier Budi Perkasa, Yuliastono (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERINTEGRASI PENDEKATAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI KELAS X MIA MAN 1 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) II - 2019, 12 Oktober 2019, Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11179
dc.description Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran ARIAS terintegrasi pendekatan Problem Based Instruction untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X MIA 3 MAN 1 Banjarmasin pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran ARIAS terintegrasi pendekatan Problem Based Instruction. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, tes tertulis dan angket. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat terjadi peningkatan aktivitas guru dari 88 pada siklus I menjadi 113,5 pada siklus II, peningkatan aktivitas belajar siswa dari 16,88 pada siklus I menjadi 22,72 pada siklus II, peningkatan hasil belajar dari 61,40 pada siklus I menjadi 80,10 pada siklus II dan siswa memberikan respon yang baik terhadap penerapan model pembelajaran ARIAS terintegrasi pendekatan Problem Based Instruction. Kata kunci: ARIAS, problem based instruction, aktivitas guru, aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/8788/
dc.subject L Education (General)
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERINTEGRASI PENDEKATAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI KELAS X MIA MAN 1 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account