dc.creator |
Pringgandinie, Desty Rara |
|
dc.date |
2019-10 |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:59:11Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:59:11Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/8770/1/9-%2881-91%29-MAKALAH%20DESTY%20RARA.pdf |
|
dc.identifier |
Pringgandinie, Desty Rara (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 24 KOTA BENGKULU. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) II - 2019, 12 Oktober 2019, Banjarmasin. |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11135 |
|
dc.description |
Adapun tujuan dari kegiatan yang dilakukan yaitu: (1) Untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 24 Kota Bengkulu. (2) Untuk mengetahui bagaimana proses Model Pembelajaran Project Based Learning yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 24 Kota Bengkulu. Secara garis besar model penelitian tindakan kelas memiliki empat tahapan yang lazim dilalui yaitu: (1) Perencanaan (Planning), (2) Pelaksanaan Tindakan (Acting), (3) Pengamatan (Observing), (4) Refleksi (Reflecting). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 24 Kota Bengkulu dan berdasarkan analisis pembahasan, maka disimpulkan bahwa: (1) Cara meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran project based learning dalam belajar adalah: (a) Guru harus memberikan bimbingan kepada semua kelompok tanpa terkecuali. (b) Mengikutsertakan setiap siswa dalam aktif untuk diskusi kelompok yaitu memberikan tanggung jawab untuk setiap individu terhadap kelompok masing-masing dengan memberikan point atas dasar nilai kelompok bukan individu sehingga anggota berusaha untuk memberi arahan pada anggota yang lain agar siswa lebih memahami materi yang diajarkan, (c) memberikan batasan waktu pada awal pertemuan baik untuk diskusi kelompok atau presentasi kelompok. Berdasarkan hasil tes belajar siswa, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari nilai 6,222 pada siklus I dan meningkat menjadi 7,277 pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 38.8 % meningkat pada siklus II menjadi 77,8 % .
Kata kunci: belajar, project based learning, hasil belajar |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/8770/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 24 KOTA BENGKULU |
|
dc.type |
Conference or Workshop Item |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|