Repo Dosen ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI PROGRAM LINEAR

Show simple item record

dc.creator Juliyanti, Juliyanti
dc.date 2019-10
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:59:11Z
dc.date.available 2020-06-15T03:59:11Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/8769/1/8-%2870-80%29-Juliyanti-MENINGKATKAN%20AKTIVITAS%20DAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20%20MENGGUNAKAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20%20TIPE%20STAD%20BERBANTUAN%20GEOGEBRA%20PADA%20MATERI%20PROGRAM%20LINEAR.pdf
dc.identifier Juliyanti, Juliyanti (2019) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI PROGRAM LINEAR. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) II - 2019, 12 Oktober 2019, Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11133
dc.description Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan geogebra pada materi program linear. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari penga-matan, dokumentasi, dan hasil tes belajar. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 MAN 2 Hulu Sungai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Tahun Pelajaran 2018-2019 yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri atas 6 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan: 1) aktivitas belajar siswa sebesar 47,50% pada siklus I dengan kategori kurang aktif menjadi 75% pada siklus II dengan kategori aktif. 2) hasil belajar yang dibuktikan dengan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebelum diberikan tindakan sebesar 64,29%, pada siklus I menjadi 71,43% dan pada siklus II meningkat 78,57%. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah selain ketuntasan secara klasikal telah tercapai, maka agar nilai rata-rata kelas dapat ditingkatkan guru. Pada penelitian ini rata-rata hasil belajar siklus I yaitu 77,86 lebih baik dibandingkan siklus II yaitu 76,08. Hal ini dapat disebabkan materi pada siklus I dianggap siswa lebih mudah daripada materi siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, GeoGebra, Program Linier
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/8769/
dc.subject L Education (General)
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI PROGRAM LINEAR
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account