Repo Dosen ULM

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.creator Iriani, Rilia
dc.creator Prayogi, Restu
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:58:53Z
dc.date.available 2020-06-15T03:58:53Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/2675/1/Cover_Restu_Prayogi.pdf
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/2675/2/Naskah%20Restu%20Prayogi.pdf
dc.identifier Iriani, Rilia and Prayogi, Restu PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2015/2016. Peran STeM ( Science, Technology, and Mathematics) dalam Pendidikan Bangsa untuk Membangun Karakter yang Kreatif, Inovatif, dan Kompetitif Era Globalisasi.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10934
dc.description Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Banjarmasin pada materi larutan asam dan basa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan sikap ilmiah antara siswa yang belajar menggunakan model GDL dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional (ekspositori) di kelas XI IPA SMAN 9 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk menganalisis perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang belajar menggunakan model GDL dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional (ekspositori), dan analisis deskriptif untuk menganalisis perbedaan hasil belajar afektif, psikomotor dan sikap ilmiah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa pada kelas eksperimen dengan siswa pada kelas kontrol (2) terdapat perbedaan sikap ilmiah siswa antara siswa pada kelas eksperimen dengan siswa pada kelas kontrol. Kata Kunci: GDL, hasil belajar, sikap ilmiah, larutan asam dan basa.
dc.format text
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/2675/
dc.subject L Education (General)
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2015/2016
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account