dc.creator |
Iriani, Rilia |
|
dc.creator |
Prayogi, Restu |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:58:53Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:58:53Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/2675/1/Cover_Restu_Prayogi.pdf |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/2675/2/Naskah%20Restu%20Prayogi.pdf |
|
dc.identifier |
Iriani, Rilia and Prayogi, Restu PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2015/2016. Peran STeM ( Science, Technology, and Mathematics) dalam Pendidikan Bangsa untuk Membangun Karakter yang Kreatif, Inovatif, dan Kompetitif Era Globalisasi. |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10934 |
|
dc.description |
Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Guided
Discovery Learning (GDL) terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa
kelas XI IPA SMA Negeri 9 Banjarmasin pada materi larutan asam dan
basa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
dan sikap ilmiah antara siswa yang belajar menggunakan model GDL
dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional
(ekspositori) di kelas XI IPA SMAN 9 Banjarmasin. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan
desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah XI
IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik
analisis data menggunakan uji t untuk menganalisis perbedaan hasil
belajar kognitif siswa yang belajar menggunakan model GDL dengan
siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional
(ekspositori), dan analisis deskriptif untuk menganalisis perbedaan hasil
belajar afektif, psikomotor dan sikap ilmiah siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan
antara siswa pada kelas eksperimen dengan siswa pada kelas kontrol (2)
terdapat perbedaan sikap ilmiah siswa antara siswa pada kelas
eksperimen dengan siswa pada kelas kontrol.
Kata Kunci: GDL, hasil belajar, sikap ilmiah, larutan asam dan basa. |
|
dc.format |
text |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/2675/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY
LEARNING PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA
TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2015/2016 |
|
dc.type |
Article |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|