dc.description |
ABSTRAK: Hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIII G SMP Negeri 13 Banjarmasin
rendah. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar
IPA fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan RPP
model pembelajaran 5E, (2) hasil belajar sikap spiritual, (3) sikap sosial, (4)
keterampilan, dan (5) pengetahuan. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan
kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah
29 siswa kelas VIII G SMP Negeri 13 Banjarmasin. Data diperoleh melalui observasi,
angket, dan tes. Temuan penelitian dari siklus I ke siklus II yaitu: (1) Keterlaksanaan RPP
secara keseluruhan meningkat dari 69,5% menjadi 84,1%, (2) Sikap spiritual meningkat
dari 66,8% menjadi 72,0%, (3) Sikap sosial siswa meningkat dari 53,75% menjadi
86,25%, (4) kompetensi keterampilan meningkat dari 63,25% menjadi 92,75%, dan (5)
hasil belajar pengetahuan meningkat dari 44,4% menjadi 78,6%. Kesimpulan yang
diperoleh adalah model pembelajaran 5E dapat meningkatkan hasil belajar IPA fisika
siswa kelas VIII G SMP Negeri 13 Banjarmasin.
Kata kunci: Model pembelajaran 5E, hasil belajar, IPA fisika
ABSTRACT: The learning outcomes of physics subject in students grade VIII G SMP
Negeri 13 Banjarmasin on the competence of attitudes, skills, and knowledge are low.
Therefore, the researcher conducted the study to improve the learning outcomes of
natural sciences physics subject to students toward those three competencies. This study
aimed to describe : (1) the implementation of the lesson plan (RPP) for learning model
5E, (2) students learning outcomes. The type of research used Classroom Action
Research (PTK) of Kemmis and Mc. Taggart which consist of two cycles. The data
obtained from observation, questionnaires, and test. The result of the study from cycle I
to cycle II, namely: (1) the implementation of the lesson plan (RPP) overall increases
from 69,5% to 84,1%, (2) spiritual attitudes increase from 66,8% to 72,0%, (3) social
attitudes of the students increase from 53,75% to 86,25%, (3) skills competence increases
from 63,25% to 92,75%, and the knowledge of learning outcomes increase from 44,4% to
78,6%. The conclusion is the learning model of 5E can improve the learning outcomes of
physics subject in students grade VIII G SMP Negeri 13 Banjarmasin.
Keywords: Learning model of 5E, Learning outcomes, Natural sciences (physics) |
|