dc.creator |
Mansur, Hamsi |
|
dc.creator |
Utama, Agus Hadi |
|
dc.creator |
MASTUR, MASTUR |
|
dc.creator |
Rafiudin, Rafiudin |
|
dc.date |
2017-07-15 |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:58:41Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:58:41Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/6878/1/Prosiding%2520Seminar%2520Nasional%2520%2526%2520Temu%2520Kolegial%2520APS-TPI%25203rd%2520Banjarmasin.pdf |
|
dc.identifier |
Mansur, Hamsi and Utama, Agus Hadi and MASTUR, MASTUR and Rafiudin, Rafiudin (2017) Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran pada Mata Kuliah Media 3D dan Animasi untuk Mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Lambung Mangkurat. In: Seminar Nasional & Temu Kolegial APS-TPI 3rd, July, 15 2017, Banjarmasin. |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10818 |
|
dc.description |
Penelitian ini bertujuan mengembangkan Media Video Tutorial Pembelajaran pada Mata Kuliah Media 3D dan Animasi untuk Mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat yang teruji kelayakannya. Secara khusus tujuannya adalah untuk (1) mengetahui kebutuhan mahasiswa terhadap media video tutorial pembelajaran (2) memperoleh penilaian dan saran perbaikan ahli terhadap media video tutorial pembelajaran media 3D dan animasi serta respon dari pengguna produk. Metode penelitian yang akan diterapkan dalam penelitian ini memuat tiga komponen utama yaitu: (1) jenis penelitian akan menerapkan research and development / penelitan dan pengembangan, (2) Model desain menggunakan model Dick and Carey (Borg & Gall.
2006:590) yang terdiri sepuluh tahapan pengembangan, dan (3) uji coba produk yang terdiri atas uji coba ahli dan uji coba pengguna produk. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi/isi, (1) komponen kelayakan isi memperoleh skor total 27 dengan persentase sebesar 84% dengan kategori sangat layak; (2) Aspek penyajian secara keseluruhan memperoleh skor sebesar 33 dengan persentase 92% dengan kategori sangat layak; (3) secara keseluruhan aspek kelayakan bahasa memperoleh skor 23 dengan persentase sebesar 82% termasuk dalam kategori sangat layak. Aspek kegrafikan media video tutorial pembelajaran ini memperoleh skor 28 dengan persentase sebesar 77% dengan kategori layak digunakan.
Hasil validasi tersebut kemudian di lakukan perbaikan dan di uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar dengan hasil komponen pertama sebanyak 22 mahasiswa senang mengikuti pembelajaran menggunakan media tersebut dengan persentase 88%, 100% mengaku senang dengan suasana perkuliahan menggunakan media tersebut, 80% senang dengan cara dosen mengajar menggunakan media tersebut, 100% mahasiswa menyatakan tertarik menggunakan media video tutorial dalam perkuliahan, 100% merasa terbantu dengan media tersebut, dan 88% menyatakan bahwa matakuliah media 3D dan animasi mudah dipelajari dengan menggunakan media video tutorial pembelajaran. Dengan demikian, hasil pengembangan media video tutorial pembelajaran pada mata kuliah media 3D dan animasi untuk mahasiswa prodi teknologi pendidikan universitas lambung mangkurat layak di gunakan.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Tutorial |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/6878/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran pada Mata Kuliah Media 3D dan Animasi untuk Mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Lambung Mangkurat |
|
dc.type |
Conference or Workshop Item |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|