Repo Dosen ULM

Implementasi Strategi Argumentasi dalam Model Pengajaran Langsung untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa terhadap Konsep Teori Kinatik Gas

Show simple item record

dc.creator Arifuddin, Muhammad
dc.creator Mastuang, Mastuang
dc.creator Mahardika, Andi Ichsan
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:58:24Z
dc.date.available 2020-06-15T03:58:24Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/5718/1/1c.%20Prosiding%20SNP_IPA%20%28nomor%202%29.pdf
dc.identifier Arifuddin, Muhammad and Mastuang, Mastuang and Mahardika, Andi Ichsan Implementasi Strategi Argumentasi dalam Model Pengajaran Langsung untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa terhadap Konsep Teori Kinatik Gas. In: Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10645
dc.description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep teori kinetik gas dalam matakuliah termodinamika. Penilitian ini dimulai dengan tahapan operasionaliasi strategi argumentasi ke dalam sintaks model pengajaran langsung bahan ajar, selanjutnya implementasi strategi menggunakan bahan ajar yang valid. Implementasi strategi dilakukan pada 92 mahasiswa fisika yang memprogramkan matakuliah termodinamika sebagai subjek penelitian. Untuk melihat efektivitas dari strategi pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep dilakukan pretest dan posttest. Pengolahan data menggunakan analisis normalized gain score. Hasil analisis memperlihatkan bahwa pemahaman konsep mahasiswa mengalami peningkatan dari skor rata-rata pretest sebesar 25,82 menjadi 65,11 untuk posttest dengan N-Gain sebesar 0,53 dan berada dalam kategori sedang. Berdasarkan evaluasi hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman mahasiswa terhadap teori kinetik gas pada matakuliah termodinamika dapat ditingkatkan melalui implementasi strategi argumentasi pada model pengajaran langsung. Keywords: pemahaman konsep; pengajaran langsung; strategi argumentasi
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/5718/
dc.subject L Education (General)
dc.title Implementasi Strategi Argumentasi dalam Model Pengajaran Langsung untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa terhadap Konsep Teori Kinatik Gas
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account