Repo Dosen ULM

Penerapan Blended Learning Menggunakan Edmodo dalam Pembelajaran Matematika.

Show simple item record

dc.creator Rupiah, Siti
dc.creator Purba, Harja Santana
dc.creator sukmawati, ati
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:58:20Z
dc.date.available 2020-06-15T03:58:20Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/5472/1/28-%28188-193%29-Rupiah%2C%20dkk%2C%20Penerapan%20Blended%20.....pdf
dc.identifier Rupiah, Siti and Purba, Harja Santana and sukmawati, ati Penerapan Blended Learning Menggunakan Edmodo dalam Pembelajaran Matematika. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) 2018, 04-08-2018, Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10599
dc.description Upaya untuk menciptakan suatu proses pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa adalah menerapkan pembelajaran yang bervariasi. Proses pembelajaran yang bervariasi dapat diterapkan melalui penggunaan fasilitas teknologi dan komunikasi salah satunya menggunakan internet. Jika sebelumnya hubungan antara guru dan siswa hanya berlangsung di kelas, maka dengan internet sekarang pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran online berbantuan e-learning. Pendekatan pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran online dan pembelajaran tatap muka disebut blended learning. Dalam penelitian ini e-learning yang digunakan adalah edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran menggunakan blended learning serta menilai hasil belajar siswa setelah penerapan bended learning di SMP Negeri 5 Mandastana Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Mandastana yang berjumlah 20 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi, lembar tes dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran berada dalam klasifikasi baik dilihat dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil belajar siswa berada dalam klasifikasi sangat baik sebanyak 10%, 45% berada dalam klasifikasi baik, 35% berada dalam klasifikasi cukup, dan 10% berada dalam klasifikasi kurang. Rata rata hasil belajar siswa dalam penelitian ini berada dalam klasifikasi baik. Tanggapan siswa terhadap penerapan blended learning sebanyak 40% siswa sangat setuju, 55% siswa setuju, dan sebanyak 5% siswa ragu-ragu. Kata Kunci : Blended Learning, Edmodo, E-learning, Hasil Belajar.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/5472/
dc.subject L Education (General)
dc.title Penerapan Blended Learning Menggunakan Edmodo dalam Pembelajaran Matematika.
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account