Repo Dosen ULM

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write.

Show simple item record

dc.creator Lutfiani, Retno
dc.creator Zulkarnain, Iskandar
dc.creator Kamaliyah, Kamaliyah
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:58:19Z
dc.date.available 2020-06-15T03:58:19Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/5469/1/26-%28176-179%29-Lutfiani%2C%20dkk%2C%20Kemampuan%20Pemahaman%20.....pdf
dc.identifier Lutfiani, Retno and Zulkarnain, Iskandar and Kamaliyah, Kamaliyah Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) 2018, 04-08-2018, Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10594
dc.description Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan hal mendasar yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat memaksimalkan kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu model pembelajaran kooperatif tipe think talk write. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe think talk write, (2) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran langsung, dan (3) menganalisis ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan populasi semua siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dan diambil kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berada dalam kriteria baik dengan rata-rata pencapaian sebesar 74,54, (2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran langsung berada dalam kriteria cukup dengan rata-rata pencapaian sebesar 59,85, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dan model pembelajaran langsung. Kata kunci: kemampuan pemahaman konsep, model pembelajaran kooperatif tipe think talk write.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/5469/
dc.subject L Education (General)
dc.title Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write.
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account