dc.creator |
Lutfiani, Retno |
|
dc.creator |
Zulkarnain, Iskandar |
|
dc.creator |
Kamaliyah, Kamaliyah |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:58:19Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:58:19Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/5469/1/26-%28176-179%29-Lutfiani%2C%20dkk%2C%20Kemampuan%20Pemahaman%20.....pdf |
|
dc.identifier |
Lutfiani, Retno and Zulkarnain, Iskandar and Kamaliyah, Kamaliyah Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) 2018, 04-08-2018, Banjarmasin. |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10594 |
|
dc.description |
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan hal mendasar yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat memaksimalkan kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu model pembelajaran kooperatif tipe think talk write. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe think talk write, (2) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran langsung, dan (3) menganalisis ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan populasi semua siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dan diambil kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berada dalam kriteria baik dengan rata-rata pencapaian sebesar 74,54, (2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran langsung berada dalam kriteria cukup dengan rata-rata pencapaian sebesar 59,85, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dan model pembelajaran langsung. Kata kunci: kemampuan pemahaman konsep, model pembelajaran kooperatif tipe think talk write. |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/5469/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. |
|
dc.type |
Conference or Workshop Item |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|