Repo Dosen ULM

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP.

Show simple item record

dc.creator Irianti, Erma
dc.creator Karim, Karim
dc.creator suryaningsih, yuni
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:58:18Z
dc.date.available 2020-06-15T03:58:18Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/5463/1/20-%28138-145%29-Irianti%2C%20Pengaruh%20Model%20.....pdf
dc.identifier Irianti, Erma and Karim, Karim and suryaningsih, yuni Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) 2018, 04-08-2018, Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10582
dc.description Banyak siswa yang tidak dapat memahami konsep-konsep dalam materi yang terdapat dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin diperolah informasi bahwa umumnya siswa tidak dapat mengerjakan soal yang sedikit berbeda atau lebih kompleks dari contoh soal karena mereka belum memahami konsep dasar. Salah satu solusi untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis ialah dengan model pembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRHI terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ialah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018 yang jumlahnya adalah 218 siswa. Sedangkan sampel yang diambil ialah siswa VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang jumlahnya 37 siswa, dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol yang jumlahnya 37 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian ini menun­jukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berada pada kualifikasi amat baik, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kualifikasi baik, dan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin. Kata kunci: Course Review Horay (CRH), Kemampuan pemahaman konsep matematis.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/5463/
dc.subject L Education (General)
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP.
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account