Repo Dosen ULM

Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Mandiri dan Tanggung Jawab Siswa.

Show simple item record

dc.creator Surya, Farit
dc.creator Pasani, Chairil Faif
dc.creator Amalia, Rizki
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:58:15Z
dc.date.available 2020-06-15T03:58:15Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/5428/1/10-%2867-74%29-Surya%2C%20dkk%2C%20Model%20Discovery%20.....pdf
dc.identifier Surya, Farit and Pasani, Chairil Faif and Amalia, Rizki Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Mandiri dan Tanggung Jawab Siswa. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) 2018, 04-08-2018, Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10550
dc.description Discovery Learning ialah satu dari banyaknya model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam implementasi kurikulum 2013, dimana model ini menekankan pada pemahaman konsep dengan partisipasi dan aktivitas siswa secara mandiri menggali pengetahuannya. Model ini berpotensi mengembangkan kemandirian dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) membina karakter mandiri siswa, (2) membina karakter tanggung jawab siswa, (3) memperbaiki hasil belajar siswa dan (4) menganalisis hubungan antara karakter mandiri dan tanggung jawab siswa dengan hasil belajar siswa melalui model discovery learning. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode Eksperimen Semu dan desain penelitian Time Series di kelas VII SMP Negeri 13 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Perolehan datanya dianalisis menggunakan uji korelasi berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) model discovery learning dalam pembelajaran matematika dapat membina karakter mandiri siswa, (2) model discovery learning dalam pembelajaran matematika dapat membina karakter tanggung jawab siswa, (3) model discovery learning dalam pembelajaran matematika dapat memperbaiki hasil belajar siswa, dan (4) terdapat hubungan kuat dan positif antara karakter mandiri dan tanggung jawab siswa dengan hasil belajar siswa. Kata kunci: model discovery learning, karakter mandiri, karakter tanggung jawab.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/5428/
dc.subject L Education (General)
dc.title Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Mandiri dan Tanggung Jawab Siswa.
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account