dc.creator |
Kamal, Syamsir |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:58:13Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:58:13Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/5420/1/4-%2821-29%29-Kamal%2C%20Upaya%20Meningkatkan%20.....pdf |
|
dc.identifier |
Kamal, Syamsir Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa SMA Negeri 10 Banjarmasin dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Menggunakan Pembelajaran Mengacu MBA. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) 2018, 04-08-2018, Banjarmasin. |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10533 |
|
dc.description |
Berdasarkan hasil hasil Ujian Nasional kelas XII SMA Negeri 10 Banjarmasin diperolah data bahwa sebagian besar soal yang salah diselesaikan oleh siswa yaitu soal program linear. Penyebab kesulitan siswa menyelesaikan soal program linear karena biasanya berbentuk soal cerita. Siswa kesulitan menerjemahkan soal cerita ke dalam kalimat matematika. Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran mengacu MBA yang dapat meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika di kelas XII IPA SMA Negeri 10 Banjarmasin. Penelitian ini dirancang dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas XII SMA Negeri 10 Banjarmasin. Subyek penelitian terdiri dari 34 siswa dan objek penelitian adalah kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan program linear. Pelaksanaan pembelajaran MBA dilaksanakan dengan bantuan LKS sehingga pembelajaran lebih efektif dan efisien. Pembelajaran menggunakan MBA dimulai dengan tahap merekam informasi yang diberikan,guru menyajikan masalah yang berbentuk soal cerita dengan membagikan LKS kepada siswa. Siswa membaca dengan teliti soal cerita yang diberikan pada LKS dan bertanya jika ada yang kurang jelas. Guru membimbing siswa untuk mengumpulkan kalimat dalam soal yang memberikan informasi terhadap penyelesaian soal cerita dan membimbing siswa untuk menerjemahkan kalimat dalam soal yang memberikan informasi terhadap penyelesaian soal cerita ke dalam kalimat matematika. Pada tahap menggunakan konteks, guru membimbing siswa dengan meminta siswa menggunakan kalimat pada soal cerita yang mendukung proses untuk menemukan solusi. Pada tahap menyediaan penjelasan dan/atau pembenaran untuk operasi matematika, siswa mengecek jawaban dan menyiapkan laporan dengan menyediaan penjelasan dan/atau pembenaran untuk langkah-langkah komputasi yang dilakukan dalam proses menyelesaikan soal cerita matematika. Siswa melaporkan hasil kerjanya dan siswa lain diminta untuk menanggapi. Guru bersama-sama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita matematika melalui pembelajaran mengacu MBA dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil nilai tes akhir siswa siklus II menunjukkan bahwa kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika sudah baik Kata kunci : MBA, soal cerita matematika. program linier. |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/5420/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa SMA Negeri 10 Banjarmasin dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Menggunakan Pembelajaran Mengacu MBA |
|
dc.type |
Conference or Workshop Item |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|