Repo Dosen ULM

VALIDITAS DAN PRAKTIKALITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT BERBANTUAN METACOGNITIVE QUESTIONING UNTUK MENINGKATKAN KOGNISI DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Show simple item record

dc.creator Rahmah, Siti
dc.creator Syahmani, Syahmani
dc.creator Winarti, Atiek
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:58:09Z
dc.date.available 2020-06-15T03:58:09Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/4948/1/19.pdf
dc.identifier Rahmah, Siti and Syahmani, Syahmani and Winarti, Atiek VALIDITAS DAN PRAKTIKALITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT BERBANTUAN METACOGNITIVE QUESTIONING UNTUK MENINGKATKAN KOGNISI DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. In: The Innovation of Chemistry Education in Confronting Disruption Era to Build Excellent and Productive Generation, 17 November 2018, Aula Rektorat 1 ULM Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10487
dc.description Telah dilakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran REACT berbantuan metacognitive questioning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan praktis. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model 4-D. Penelitian dilakukan di kelas X MIPA SMAN 8 Banjarmasin. Sebagai sampel untuk uji coba perorangan digunakan 5 orang peserta didik dan uji coba kelompok kecil digunakan 10 orang peserta didik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari lembar validasi ahli, lembar keterbacaan LKPD, lembar respon guru terhadap RPP, lembar respon peserta didik terhadap pembelajaran dan LKPD, serta lembar keterlaksanaan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis. (1) Perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan rata-rata skor 3,37 dan koefisien reliabilitas 85,72%. (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis dengan rentang skor 3,80-5,00.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/4948/
dc.subject L Education (General)
dc.title VALIDITAS DAN PRAKTIKALITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT BERBANTUAN METACOGNITIVE QUESTIONING UNTUK MENINGKATKAN KOGNISI DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account