dc.creator |
Rahmah, Siti |
|
dc.creator |
Syahmani, Syahmani |
|
dc.creator |
Winarti, Atiek |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:58:09Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:58:09Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/4948/1/19.pdf |
|
dc.identifier |
Rahmah, Siti and Syahmani, Syahmani and Winarti, Atiek VALIDITAS DAN PRAKTIKALITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT BERBANTUAN METACOGNITIVE QUESTIONING UNTUK MENINGKATKAN KOGNISI DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. In: The Innovation of Chemistry Education in Confronting Disruption Era to Build Excellent and Productive Generation, 17 November 2018, Aula Rektorat 1 ULM Banjarmasin. |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10487 |
|
dc.description |
Telah dilakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran REACT berbantuan metacognitive questioning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan praktis. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model 4-D. Penelitian dilakukan di kelas X MIPA SMAN 8 Banjarmasin. Sebagai sampel untuk uji coba perorangan digunakan 5 orang peserta didik dan uji coba kelompok kecil digunakan 10 orang peserta didik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari lembar validasi ahli, lembar keterbacaan LKPD, lembar respon guru terhadap RPP, lembar respon peserta didik terhadap pembelajaran dan LKPD, serta lembar keterlaksanaan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis. (1) Perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan rata-rata skor 3,37 dan koefisien reliabilitas 85,72%. (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis dengan rentang skor 3,80-5,00. |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/4948/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
VALIDITAS DAN PRAKTIKALITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT BERBANTUAN METACOGNITIVE QUESTIONING UNTUK MENINGKATKAN KOGNISI DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT |
|
dc.type |
Conference or Workshop Item |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|