Repo Dosen ULM

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR KESETIMBANGAN ION DALAM LARUTAN GARAM

Show simple item record

dc.creator Hidayati, Nadya
dc.creator Leny, Leny
dc.creator Iriani, Rilia
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:58:07Z
dc.date.available 2020-06-15T03:58:07Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/4940/1/11-.pdf
dc.identifier Hidayati, Nadya and Leny, Leny and Iriani, Rilia PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR KESETIMBANGAN ION DALAM LARUTAN GARAM. In: The Innovation of Chemistry Education in Confronting Disruption Era to Build Excellent and Productive Generation, 17 November 2018, Aula Rektorat 1 ULM Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10463
dc.description Self-efficacy dan hasil belajar dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran, salah satunya yaitu model inquiry based learning dengan pendekatan flipped classroom. Penelitian tentang pengaruh model inquiry based learning dengan pendekatan flipped classroom terhadap self-efficacy dan hasil belajar kesetimbangan ion dalam larutan garam telah_dilakukan. Metode dan desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment non equivalent control group design. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan_teknik purposive sampling. Sampel penelitian_sebanyak 73 peserta didik dari kelas XI IPA 2 kelas eksperimen dan XI IPA 3 kelas kontrol di SMA Negeri 1 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakannteknik analisis inferensial dan deskriptif. Hasil penelitian antara lain (1) terdapat perbedaan self-efficacy yang signifikan antara pembelajaran yang menerapkan pendekatan flipped classroom dan pendekatan saintifik, (2) terdapat perbedaan hasil belajar pada ranah pengetahuan yang signifikan antara pembelajaran yang menerapkan pendekatan flipped classroom dan pendekatan saintifik, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dengan hasil belajar ranahgpengetahuan, dan nilai rata-rata sikap dan keterampilan peserta didik di kelas dengan pendekatan flipped classroom lebih baik daripada kelas dengan pendekatan saintifik, (4) peserta didik memberikan respon lebih positif terhadap pembelajaran yang menerapkan pendekatan flipped classroom dibandingkan dengan pendekatan saintifik
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/4940/
dc.subject L Education (General)
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR KESETIMBANGAN ION DALAM LARUTAN GARAM
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account