Repo Dosen ULM

KEEFEKTIFAN TEKNIK KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATAKAN SELF CONFIDENCE PADA SISWA KELAS VIII C DI SMP NEGERI 24 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.creator Rachmayanie, Ririanti
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:57:59Z
dc.date.available 2020-06-15T03:57:59Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/3918/1/%2810%29%20Keefektifan%20Teknik%20Konseling.pdf
dc.identifier Rachmayanie, Ririanti KEEFEKTIFAN TEKNIK KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATAKAN SELF CONFIDENCE PADA SISWA KELAS VIII C DI SMP NEGERI 24 BANJARMASIN. In: PB ABKIN.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10366
dc.description Self Confidence adalah individu yang percaya atas kemampuan yang dimilikinya, individu tersebut berani menerima dan menghadapi suatu penolakan dari orang lain, tidak bergantung pada orang lain, mampu berfikir positif baik terhadap diri sendiri maupun orang lain serta memiliki haraapan-harapan yang realistik. Salah satu teknik yang bisa digunakan untuk meningkatkan Self Confidence adalah menggunakan teknik Konseling Realitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat Self Confidence sebelum dan sesudah diberikan konseling dengan teknik Konseling Realitas, serta mengetahui keeektifan teknik konseling ini untuk meningkatkan Self Confidence pada siswa kelas VIII C di SMP Negeri 24 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-eksperimental design, dengan menggunakan bentuk Single Subject Research. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 24 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pada kelas VIII C di SMP Negeri 24 Banjarmasin. Sampel pada penelitian ni diperoleh dari skala pengukuran Self Confidence. Instrument penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan bahan perlakuan berupa “Pedoman Penelitian Teknik Konseling Realitas untuk meningkatkan Self Confidence”. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pada tahap Baseline 1 siswa memperoleh skor sebesar 20% , pada tahap Intervensi 1 terjadi peningkatan skor sebesar 80%, dan pada tahap Baseline 2, siswa mampu untuk tetap mempertahankan skor yang diperoleh yaitu sebesar 80%. Maka dari perbandingan tersebut dinyatakan bahwa Ho ditolak atau Ha di terima yang artinya ada perbedaan tingkat Self Confidence siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling. Kata Kunci : Teknik Konseling Realitas, Self Confidence
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/3918/
dc.subject L Education (General)
dc.title KEEFEKTIFAN TEKNIK KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATAKAN SELF CONFIDENCE PADA SISWA KELAS VIII C DI SMP NEGERI 24 BANJARMASIN
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account