Repo Dosen ULM

Penggunaan Asesmen Portopolio Pada Pembelajaran Anak Usia Dini

Show simple item record

dc.creator Rachmayanie, Ririanti
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:57:58Z
dc.date.available 2020-06-15T03:57:58Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/3915/1/%2815%29%20Penggunaan%20asesmen%20Portopolio.pdf
dc.identifier Rachmayanie, Ririanti Penggunaan Asesmen Portopolio Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. In: Penggunaan Asesmen Portopolio Pada Pembelajaran Anak Usia Dini.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10356
dc.description Prinsip belajar pada pendidikan anak di taman kanak-kanak (TK) dan sejenisnya (Raudhatul Athfal-RA, Kelompok Bermain-KB usia 4-6 tahun) yaitu belajar melalui bermain dan bermain seraya belajar. Dengan demikian, prinsip pembelajaran anak usia dini sejatinya bersifat kolaboratif yang tidak hanya menitikberatkan pengembangan pada satu aspek, akan tetapi berorientasi pada pengembangan seluruh aspek perkembangan anak (holistic). Konsekuensinya dalam proses pembelajaran, guru seyogyannya memberikan kebebasan kepada anak dalam melakukan aktivitas belajar dan menstimulasi anak untuk mengembangkan salah satu atau beberapa kecerdasan tertentu (kecerdasan jamak) supaya lebih cakap dan terampil. Salah satu kegiatan yang memiliki peranan penting dalam kegiatan pendidikan anak usia dini adalah kegiatan penilaian atau asesmen. Asesmen merupakan proses mendokumentasikan keterampilan dan perkembangan anak. Asesmen mengukur level perkembangan anak dan memberikan indikasi tahap perkembangan anak selanjutnya. Pelaksanaan asesmen tidak luput dari beberapa instrumen alat yang digunakan, salah satunya adalah portopolio. Portopolio merupakan kumpulan fakta-fakta atau hasil pekerjaan serta informasi mengenai apa yang dilakukan anak. Melalui tulisan ini, penulis ini membahas lebih mendalam tentang penggunaan asesmen portopolio pada pembelajaran anak usia dini dari studi pustaka menggunakan kajian-kajian literatur. Kata Kunci: asesmen, portopolio, anak usia dini
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/3915/
dc.subject L Education (General)
dc.title Penggunaan Asesmen Portopolio Pada Pembelajaran Anak Usia Dini
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account