dc.creator |
Rachman, Ali |
|
dc.date |
2015 |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:57:42Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:57:42Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/2831/1/Makalah%20Pemberdayaan%20Layanan%20Bimbingan%20dan%20Konseling%20Bagi%20Anak%20Berkebutuhan%20Khusus.pdf |
|
dc.identifier |
Rachman, Ali (2015) Pemberdayaan Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. In: International Seminar On Special Education For Southeast Asia Region 5th Series 2015, 29th Januari 2015, Surabaya. (Submitted) |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10191 |
|
dc.description |
Kegiatan layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan pada berbagai jenjang sekolah memiliki tujuan memberikan layanan edukatif dalam upaya membantu terciptanya perkembangan seluruh aspek kepribadian peserta didik secara komprehensif agar mereka dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang ada pada dirinya, baik yang terkait dengan masalah pribadi, belajar, sosial, maupun karir.
Namun sayangnya tidak semua peserta didik dapat meraih dengan mulus apa yang diharapkan, beberapa permasalahan yang dialami peserta didik akan dapat menghambat perkembangan mereka, terutama bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah sering kali beberapa permasalahan tidak dapat dihindari. Anak berkebutuhan khusus mengalami hambatan
dalam perkembangan dan belajarnya, sehingga mereka memerlukan pendidikan khusus, serta bimbingan dan konseling yang khusus pula dalam pelayanannya, disesuaikan dengan hambatan atau gangguan yang dialaminya.
Metode yang digunakan pada penulisan ini adalah menggunakan studi literatur dengan melakukan analisis terhadap teori-teori bimbingan dan konseling tentang anak berkebutuhan
khusus, dengan harapan agar anak berkebutuhan khusus mengenal dirinya, menemukan kebutuhannya yang spesifik sesuai dengan hambatan yang dialaminya, membantu
perkembangan anak berkebutuhan khusus agar berkembang efektif melalui pengembangan program layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
Pengembangan program bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus mampu memperhatikan atau lebih terfokus pada hambatan-hambatan yang sudah nyata dialami oleh mereka agar memperoleh solusi atau jalan keluar yang baik dalam mengantisipasi atau menuntaskan hambatan yang mereka alami baik dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Kata kunci : bimbingan, konseling, anak berkebutuhan khusus |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/2831/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
Pemberdayaan Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus |
|
dc.type |
Conference or Workshop Item |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|