Repo Dosen ULM

REPOSISI GURU DALAM PENDIDIKAN NASIONAL

Show simple item record

dc.creator Moh, Fatah Yasin
dc.date 2005
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:57:38Z
dc.date.available 2020-06-15T03:57:38Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/2370/1/REPOSISI%20GURU%20DALAM%20PENDIDIKAN%20NASIONAL.pdf
dc.identifier Moh, Fatah Yasin (2005) REPOSISI GURU DALAM PENDIDIKAN NASIONAL. In: Seminar Sehari Memperingati Hari Guru Nasional X dan HUT-PGRI ke-60, 21 November 2005, Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Selatan Banjarmasin . (Unpublished)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10151
dc.description Guru adalah profesi yang pada mulanya diangap oleh masyarakat Indonesia sebagai pekerjaan yang mulia dan luhur (Supriadi, 1999) karena mereka adalah orang yang berilmu, berakhlak, jujur, baik hati, disegani serta menjadi teladan masyarakat (Hadiyanto, 2001). Di Amerika Serikat, guru memperoleh penghargaan yang proporsional sehingga tidak mengherankan kalau hasil survey di sana menunjukkan pekerjaan guru menjadi pilihan pertama, yaitu 31,3% (Sahertian,1994). Guru menjadi pilihan pertama karena sangat berkait dengan penghargaan finansial (insentif) masyarakat atau negara terhadap profesi itu. Negara-negara maju seperti Amerika dan Australia memberikan penghargaan yang proporsional kepada guru karena untuk memasuki profesi itu pun diperlukan persyaratan khusus yang tidak mudah diperoleh dengan begitu saja. Lain halnya dengan di Indonesia perhatian pemerintah terhadap profesi dan nasib guru masih terbatas pada retorika saja (Kompas, 29 Juni 2001).
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/2370/
dc.subject L Education (General)
dc.title REPOSISI GURU DALAM PENDIDIKAN NASIONAL
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type NonPeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account