Description:
Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Alalak Selatan 2 pada materi globalisasi PEN dapat dilihat dari nilai hasil pretest yang dilakukan; nilai rata-rata yang diperoleh hanya 6,4 dan ketuntasan individual 27,78 % (10 orang dari 36 siswa) dari standar KKM 70. Perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Setting penelitian di SDN Alalak Selatan 2 Banjarmasin Utara siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang yaitu 26 orang laki-laki dan 10 orang perempuan pada semester II tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat memperbaiki kualitas aktivitas guru; meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran; dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi yang diajarkan. Berdasarkan temuan ini disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar PKn, khususnya materi globalisasi. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, maka disarankan kepada guru untuk menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah agar siswa lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata-kata Kunci: Hasil belajar PKn, Materi Globalisasi, Model Pembelajaran Berbasis Masalah.