Description:
Pemahaman siswa kelas IV SD Handil Bakti terhadap konsep-konsep IPA tergolong masih rendah, hal ini tercermin dari hasil pembelajaran IPA tahun 2006 semester I dengan nilai rata-rata 61,25 dengan ketuntasan 34%, dan pada semester II dengan nilai rata-rata 5,8 dengan ketuntasan 27%. Dengart fakta yang demikian, maka perku ada usaha untuk memperbaiki proses pembelajaran IPA dengan menerapkan pendekatan yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan KTSP sekarang ini, yaitu pendekatan pembelajaran kontekstual. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui peningkatkan pemahaman konsep Hubungan antara Makhluk Hidup dengan Lingkunganya dengan pendekatan pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV SDN Handil Bakti 1 Barito Kuala. Prosedur penelltian tindakan ini dilakukan Banyaknya siidus pembelajaran setiap konsep adalah dua siklus, tiap siklus terdiri 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan (action), (3) pemantauan dan evaluasi, (4) analisis dan refeksi. Indikator keberhasilan tindakan ini adalah bila siswa mencapai ketuntasan individual 70% dan ketuntasan klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatan pemahaman siswa terhadap konsep Hubungan antara Makhluk Hidup dan Lingkungannya pada siklus I sudah menunjukkan hasil yang cukup baik, dengan rata-rata kelas 7,22 dan ketuntasan klasikal 80%, dan pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 8,00 dengan ketuntasan klasikal 100%. Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual juga meningkatkan motivasi, gairah dan kerjasama siswa dalam belajar, menimbulkan keberanian untuk mengemukakan pendapat.
Kata kunci : Pemahamam, pembelajaran kontekstual, Makhluk Hidup dengan Lingkungannya