Description:
Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran IPS pada materi perjuangan melawan penjajah, karma materi ini berdasarkan pengalaman peneliti pada pada pelajaran yang lalu, masih ada siswa berdasarkan hasil ketuntasan berada di bawah garis ketuntasan 85% dengan nilai rata-rata hasil belajar 59, dan pada materi ini belum pernah diadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Bila pembelajaran disajikan dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik siswa dapat termotivasi dalam belajarnya. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa dan rata-rata nilai 72,9 dengan ketuntasan klasikal Sebesar 64,3% pada siklus I menjadi rata-rata 90 dengan ketuntasan klasikal 100% pada siklus II, (2) Aktivitas yang seharusnya tidak dilakukan siswa dalam KBM dari siklus I ke siklus II terjadi penurunan dari 7,9% menjadi 3,9%. Aktivitas guru terjadi kenaikan dari siklus I rata-rata nilai 2,3 dengan kategori cukup baik, menjadi rata-rata nilai 3,4 dengan kategori baik pada siklus II, dan (3) Hasil respon siswa terhadap pembelajaran yang disajikan oleh guru menunjukkan bahwa siswa menyukai dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Peneliti menyarankan hendaknya para guru pengajar dapat menggunakan model pembelajaran tipe STAD agar dapat lebih memotivasi siswa dalam belajarnya.
Kata Kunci: Hasil belajar, pembelajaran kooperatif dan pembelajaran tipe STAD.