Description:
Pada beberapa SMP di Banjarmasin terdapat peserta didiknya yang memiliki kepatuhan terhadap norma ketertiban di sekolah dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Kategori kepatuhan peserta didik terhadap norma ketertiban di sekolah, sedikitnya dikontribusi oleh mata pelajaran PKn, karena salah satu standar kompetensinya adalah Menunjukkan sikap positif terhadap norma- norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, termasuk norma ketertiban di sekolah. Tujuan penelitian adalah mengembangkan model pembinaan karakter kepatuhan terhadap norma ketertiban dalam pembelajaran PKn di sekolah. Target khususnya adalah mengeksplorasi pembelajaran PKn di sekolah; analisis karakteristik, kekuatan dan kelemahan, akhirnya menawarkan prototipe model alternatif pembelajaran PKn. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan secara deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumentasi, dan FGD. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Lokasi penelitian dipilih berdasarkan based criteria selection. Subyek penelitian adalah guru PKn dan siswa dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 3,15 dn 30 Banjarmasin. Hasil penelitian menawarkan model pembelajaran pembinaan karakter kepatuhan terhadap norma ketertiban dalam mata pelajaran PKn untuk materi Norma-norma di Masyarakat kelas 7 SMP berbasis pengalaman nyata guru di kelas (real experience base model)
Kata kunci: pembelajaran, pembinaan, kepatuhan, norma ketertiban, warga negara demokrasi