Description:
Kurangnya bahan ajar yang mendukung pembelajaran fisika dan belum adanya bahan ajar berbasis sains teknologi masyarakat yang digunakan dalam pembelajaran fisika di SMAN 4 Banjarmasin. Maka dilakukan penelitian pengembangan modul fisika pada pokok bahasan fluida statik dengan menggunakan model pembelajaran STM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) validitas modul, (2) kepraktisan modul, dan (3) efektivitas modul fisika yang dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan desain ADDIE. Data diperoleh melalui lembar validasi modul, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas modul yang dikembangkan berkategori sangat valid, (2) kepraktisan modul berdasarkan angket respon siswa berkategori sangat praktis, dan (3) efektivitas modul bernilai efektif. Diperoleh simpulan bahwa modul fisika pada pokok bahasan fluida statik dengan menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Modul, sains teknologi masyarakat, fluida statik.