Description:
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, Praktisi PR dituntut untuk melakukan untuk menyesuaikan diri pada kegiatan PR yang bertujuan membinan hubunga baik dengan khalayaknya, keterbukaan dan kebutuhan informasi yang cepat dan akurat pada akhirnya memunculkan satu konsep baru dalam praktik PR yaitu PR On The Net.
Implementasi konsep PR On The Net menurut penulis dapat digunakan oleh Humas pemerintah yang selama ini cenderung hanya melakukan komunikasi yang bersifat satu arah pada khalayaknya,dengan PR On The Net Humas pemerintah dapat memberikan informasi yang cepat, tepat sasaran dan mendapatkan umpan balik segera dari khalayak, adapun media PR yang dapat digunakan oleh humas pemerintah untuk meningkatkan komunikasi dua arah dengan khlayak eksternal adalah mailing list, newsletter online, website dan fan page pada media sosial. Dengan PR on The Net memungkinkan terjaadinya komunikasi dua arah yang efektif antara Humas dengan Khlayaknya. Selain itu efektifitas dari kegiatan PR On The Net dapat diukur dengan jelas sehingga memudahkan humas pemerintah dalam melakukan evaluasi dengan data yang terukur.