Description:
Abstrak
Penelitian dilakukan untuk uji pemahaman keterampilan proses sains pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Banjarmasin . Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahamam keterampilan proses sains yang meliputi mengobservasi, membuat inferensi, mengklasifikasi, memprediksi, mengukur dan menggunakan angka-angka, membuat hipotesis, mengontrol variabel-variabel, menginteprestasi data, melaksanakan percobaan, dan keterampilan memanipulasi. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan memberikan tes pemahaman keterampilan proses sains kepada siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Banjarmasin sebanyak 28 siswa. Hasil tes menunjukkan persentase siswa pada aspek mengobservasi sebesar 41,1%, membuat inferensi sebesar 9%, memprediksi sebesar 14,3%, mengukur dan menggunakan angka-angka sebesar 35,7%, membuat hipotesis sebesar 24,1%, mengontrol variabel-variabel sebesar 33,3%, menginteprestasi data sebesar 33,9%, melaksanakan percobaan sebesar 35,7%, dan keterampilan memanipulasi sebesar 14,3% Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa masih rendah.
Kata kunci: keterampilan proses sains, siswa SMP, uji pemahaman