Arifin, M. Hasanur
Description:
Persepsi adalah proses di mana individu memilih, merumuskan dan menafsirkan masukan informasi untuk menciptakan suatu gambaran yang berarti dunia. Persepsi pelanggan lebih bersifat subyektif, tergantung dari apa yang dijadikan dasar penilaianya, karena tidak semua konsumen memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai kondisi produk. Persepsi dan preferensi konsumen terhadap suatu produk berpengaruh pada perilaku pembelian konsumen, yaitu sebagai penuntun dalam keputusan untuk memilih maupun membeli. Pengelompokan minuman isotonik merupakan gambaran persaingan yang sesungguhnya terjadi di antara minuman isotonik tersebut. Pembentukan segmen-segmen berdasarkan identifikasi terhadap benefit yang dicari dikembangkan dengan mempelajari atribut-atribut produk yang dianggap konsumen memberikan benefit/manfaat yang penting. Persaingan minuman isotonik sangat kuat terjadi pada 5 brand dengan pangsa pasar terbesar, yaitu Mizone, Vitazone dan Pocari Sweat yang terus bertarung memenangkan persepsi terbaik menurut pelanggan minuman isotonik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis posisi persaingan minuman isotonik berdasarkan persepsi konsumen. (Survei pada produk Mizone, Vitazone, Pocari Sweet, Powerade dan Gatorade pada mahasiswa Strata I UNLAM di Banjarmasin). Penelitian ini menggunakan sampel 100 mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat pada 4 fakultas, yaitu FKIP, Fakultas Ekonomi, FISP dan Fakultas Hukum dengan menggunakan stratified random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan luesioner dimana data dianalisis dengan analisa Multi Dimentional Scalling (MDS).
Temua hasil analisis Multi Dimentional Scalling (MDS) menunjukkan bahwa Mizone unggul dalam persepsi mengembalikan cairan tubuh mengembalikan kesegaran, cepat memberi khasiat, memiliki petunjuk pemakaian yang jelas dengan varian rasa yang unik perpaduan dua rasa buah mix, Vitazone unggul dalam mengandung vitamin dan kemasan serta differensiasi harga yang lebih murah. Pocari Sweat meiliki keunggulan persepsi pada positioning pengganti cairan tubuh, mengembalikan kesegaran tubuh, kecepatan memberi khasiat, vitalitas dan memiliki citra baik pada harga yang lebih tinggi yang dipersepsikan memiliki kualitas yang lebih bai dibandingkan 2 produk pesaing.
Kata kunci Persaing, Positiong, Persepsi Konsumen