Description:
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelatihan Tanggap Bencana Banjir Terhadap Kecerdasan Adversitas Siswa Dalam Menghadapi Banjir. Subjek penelitian adalah siswa kelas III-IV SDN Sungai Kitano 2 dengan sampel sebanyak 45 orang yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen pengambilan data menggunakan Skala Kecerdasan Adversitas yang diberikan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pelatihan. Instrumen lain menggunakan angket wawancara tertulis untuk memperkaya data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai sig 0,268>0,05 dan t hitung<t tabel (-1,122<2,015), artinya tidak terdapat perbedaan kecerdasan adversitas antara sebelum dengan sesudah diberikan pelatihan. Akan tetapi berdasarkan nilai mean posttest diketahui kecerdasan adversitas lebih tinggi 0,84 poin dari pretest, dan berdasarkan skoring angket wawancara tertulis diketahui nilai mean posttest lebih tinggi 134 poin dari pretest. Dengan demikian meskipun statstik menunjukkan kecerdasan adversitas siswa tidak berbeda secara nyata namun sesungguhnya terdapat peningkatan kecerdasan adversitas siswa pada saat sebelum dengan sesudah diberikan Pelatihan Tanggap Bencana Banjir.
Kata Kunci : Pelatihan Tanggap Bencana Banjir, Kecerdsan Adversitas