Description:
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pemasaran ikan segar di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Analisis yang digunakan adalah analisis saluran pemasaran dengan metode snowball sampling, analisis farmer’s share dan analisis margin pemasaran. Hasil analisis memperlihatkan bahwa (a) pemasaran ikan laut segar terdiri dari 5 pola saluran, (b) bagian harga yang diterima produsen berkisar antara 42% sampai dengan 84% dari hara yang dibayarkan oleh konsumen, nilai tersebut menunukkan sistem pemasaran efisien dan (c) margin pemasaran yang diterima oleh pedagang pengecer lebih besar daripada pedagang penumpul, sedangkan distribusi margin keuntungan lebih besar dibandingkan dengan distribusi margin biaya pemasaran, artinya keuntungan yang diperoleh pedagang perantara dan pengolah lebih tinggi jika dibandingkan dengan besarnya biaya pemasaran dan biaya produksi.
Kata kunci : ikan laut segar, produsen, pedagang pengumpul, pedagang pengecer, pola saluran pemasaran, farmer’s share dan margin pemasaran