Description:
Getaran saat bus beroperasi membuat penumpang tidak nyaman. Kondisi jalan merupakan penyebab utama dari getaran tersebut. Untuk mengetahui besar respon getaran yang sampai ke body bus dilakukan dengan metode Newton. Bus yang dianalisa adalah bus Hino. Dengan nilai peredam (C) dan nilai konstanta kekakuan pegas (K) sudah diketahui dari spesifikasi bus tersebut. Dengan membuat model analitis bus didapatkan suatu persamaan gerak. Sedangkan didalam perumusan analisanya menggunakan metode newton dan perhitungannya menggunakan simulasi komputer. Metode newton adalah salah satu cara analisis getaran yang menggunakan persamaan keseimbangan gerak menurut hukum Newton II. Dengan pemberian gaya eksitasi berupa gelombang jalan yang diasumsikan gelombang sinusoidal serta hanya terjadi gabungan getaran pitching dan rolling saja, maka dapat dilakukan penurunan persamaan geraknya. Dari persamaan tersebut kemudian dibuat programnya di Matlab. Pada program dimasukkan data-data parameter-parameter bus. Sehingga dari hasil running program didapatkan frekuensi natural sistem yaitu 0,94 rad/det, sedangkan frekuensi eksitasinya 0-13,96 rad/detik dan amplitudo respon getaran pada body bus tersebut yang berupa data dan grafik yang diperoleh secara simultan. Dari data dan grafik tersebut dapat dilakukan analisis. Dari hasil analisis diambil kesimpulan bahwa akan terjadi resonansi pada sistem getaran pada frekuensi 0,94 rad/det (kecepatan 10,77 km/jam). Sedangkan pada frekuensi diatasnya amplitudo getaran pada body bus cenderung stabil.
Kata kunci: respon getaran, body bus, metode newton dan simulasi komputer