Description:
Kinerja birokrasi di wilayah Kalimantan Selatan dinilai paling baik di atas kinerja arena lainnya, Hal ini didukung oleh kenyataan bahwa birokrasi memiliki nilai cenderung baik dalam semua prinsip kesuali partisipasi. Mengikuti dibawah masyarakat sipil, diurutan selanjutnya adalah birokrasi. Meskipun dalam beberapa prinsip birokrasi dinilai kurang seperti dalam hal partisipasi namun arena ini dinilai baik dalam efisiensi. Selanjutnya diikuti oleh masyarakat ekonomi yang cenderung stabil dalam hampir setiap prinsip, kecuali pada prinsip efisiensi dan efektifitas arena ini dinilai masih sedikit kurang, Di urutan terahir ditempati arena pemerintah. Situasi ini terjadi karena dibeberapa prinsip pemerintah dinilai kurang maksimal khususnya dalam hal efektivitas dan transparansi.
Dilihat dari sisi prinsip, Kalimantan Selatan tidak banyak memiliki kesenjangan nilai, yang terlalu tinggi, Prinsip yang cenderung rendah atau cukup ada pada prinsip efektifitas dan nilai cenderung baik berada pada prinsip akuntabilitas.
Mengacu pada uraian di atas maka ada beberapa rekomendasi yang diberikan yaitu:
Bagi birokrasi diharapkan untuk lebih banyak melibatkan partisipasi stakeholder dalam berbagai proses dan kerja pemerintahan. Adapun pemerintah, dalam proses tata kelola pemerintahan diharapkan lebih transparan dan efiktif agar proses pembangunan dan pemerintahan berjalan lebih baik. Untuk menjamin terciptanya iklim yang kondusif di segala bidang, terakomodasinya kebutuhan dan aduan masyarakat, maka perlu ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai sebagai media khusus yang bisa menjembatani komunikasi di berbagai arena dan antar arena