Abstract:
Buku ini berjudul "Kepemimpinan Inklusif Kepala Sekolah: Teori dan Praktik", merupakan panduan komprehensif yang menggali konsep serta praktik kepemimpinan inklusif dalam konteks pendidikan. Kepemimpinan inklusif bukan sekadar tentang memimpin, tetapi lebih
pada membangun komunitas belajar yang menerima dan menghargai keberagaman.
Buku ini memberikan pemahaman bagaimana peran krusial dan tanggung jawab seorang kepala sekolah inklusif, paradigma yang mendasari model-model kepemimpinan inklusi, serta mengeksplorasi teori-teori pendukung dan strategi praktis untuk membangun budaya inklusif di sekolah, yang mendukung kolaborasi aktif dan keterlibatan
semua stakeholder. Bagaimana kepala sekolah dapat memberdayakan
guru-guru dalam implementasi pembelajaran inklusif, tantangan dan hambatan yang mungkin dihadapi dalam menerapkan pendekatan inklusi, serta cara-cara untuk mengevaluasi efektivitas dari kepemimpinan inklusif yang diterapkan juga menjadi fokus penting dalam buku ini. Diharapkan buku ini dapat menjadi panduan yang inspiratif dan
praktis bagi para pemimpin pendidikan, guru, dan siapa pun yang tertarik untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan bermakna bagi setiap siswa. Semoga buku ini memberikan wawasan yang berharga dan memberdayakan pembaca dalam membangun masa depan pendidikan yang lebih inklusif.