Abstract:
Pengembangan pengelolaan potensi wisata sangat diperlukan untuk menarik
wisatawan datang berkunjung kesuatu objek wisata. Terdapat berbagai macam potensi yang dapat
dikembangkan untuk mengelola tempat wisata yaitu flora & fauna, kebudayaan, atraksi alam serta
sarana & prasarana. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi dan inventarisasi
potensi objek wisata, menganalisis persepsi masyarakat terhadap pengembangan potensi objek
wisata serta menganalisis strategi pengembangan potensi objek wisata di Pulau Burung. Metode
penelitian ini ialah dengan wawancara dan observasi tempat wisata. Penentuan responden
menggunakan metode Accidental Sampling dan Purposive Sampling. Data hasil wawancara dan
observasi dianalisis secara analisis deskriptif dan analisis SWOT (Strength, Weakness,
Opportunities, Threats). Pulau Burung memiliki berbagai potensi objek wisata yang perlu
dikembangkan lagi, keberagaman flora ditemukan 59 spesies dan jumlah fauna 68 spesies serta
terdapat beberapa kebudayaan yang unik. Sarana dan prasarana di Pulau Burung sudah cukup
menunjang tempat wisata ini. Hasil persepsi responden menunjukkan hasil yang positif terhadap
pengembangan tempat wisata ini. Berdasarkan analisis SWOT, pengembangan objek wisata Pulau
Burung berada di Kuadran I, sehingga perlu pengembangan strategi Strength-Opportunities (S-O)
yaitu kekuatan yang dimanfaatkan untuk meraih peluang sebanyak-banyaknya sehingga tempat
wisata ini dapat berkembang lebih baik.