Abstract:
Kreativitas ilmiah dan tanggung jawab termasuk kompetensi utama di era masyarakat 5.0, namun kompetensi tersebut kurang dilatihkan di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini ingin menghasilkan Creative Responsibility Based Learning (CRBL) yang valid untuk menyiapkan peserta didik untuk masyarakat 5.0. Penelitian ini adalah bagian dari desain penelitian pendidikan dengan model Tessmer, namun pengumpulan data masih pada tahap evaluasi diri dan uji validasi pakar. Tujuan instruksional CRBL adalah keterampilan proses sains, tanggung jawab, dan kreativitas ilmiah; serta pengiringnya adalah kompetensi masyarakat 5.0 lainnya. Desain fase CRBL meliputi: membangkitkan tanggung jawab kreatif, mengorganisasikan kebutuhan belajar kreatif, membimbing investigasi kelompok, aktualisasi tanggung jawab kreatif, evaluasi dan refleksi. Peserta didik dapat mengeksplorasi ide-ide kreatif dan imajinatif, mendesain produk kreatif, maupun mencipta produk teknologi. Selain itu, ketiga validator sepakat bahwa CRBL termasuk valid untuk menyiapkan mereka pada masyarakat 5.0.