Abstract:
Kesenian madihin di Kalimantan Selatan pada awalnya menjadi media pendidikan masyarakat melalui pepadah atau nasihat-nasihat verbal. Secara etimologis, Madihin berasal dari kata madah yang berarti nasihat. Beberapa seniman madihin senior masih mempertahankan madihin sebagai sarana menyampaikan pepadah atau nasihat, sementara sebagian besar pemadihin yang pada umumnya tergolong usia muda menggunakan madihin lebih untuk hiburan. Kesenian madihin mengalami pergeseran fungsi lebih sebagai media komunikasi dan hiburan. Para pemadihin selalu mengawali pertunjukan dengan menyapa hadirin dan isi madihin selalu disesuaikan dengan tempat, tema acara dan situasi saat madihin tersebut ditampilkan. Para pemadihin juga selalu melawak dalam penampilannya. Salah satu tokoh yang berperan menyebarkan bentuk madihin lawakan ini adalah Yusran Efendi atau yang lebih dikenal dengan nama Jhon Tralala. Jhon Tralala mengawali karir sebagai pelawak. Setelah menjadi pelawak terkenal, Jhon Tralala mengubah konsep lawakannya sekaligus mengenalkan seni budaya di Kalimantan Selatan, yaitu melawak melalui kesenian madihin. Jhon Tralala kemudian menjadi pemadihin paling terkenal di Kalimantan Selatan. Keterkenalan Jhon Tralala memberi pengaruh pada pemadihin lainnya. Bentuk madihin untuk hiburan yang disertai kelucuan muncul dalam setiap penampilan para pemadihin di Banjarmasin.