Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi obyektif, permasalahan dan mengembangkan pembelajaran co-teaching antara guru reguler dan guru khusus dalam proses pembelajaran mitigasi kebakaran anak berkebutuhan khusus di kelas inklusi. Mengetahui yang dihadapi guru reguler dan guru khusus dalam pelaksanaan kolaborasi pembelajaranmitigasi kebakaran anak berkebutuhan khusus di kelas inklusi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi dengan analisis data kualitatif berupa pemaparan dari semua tahapan dari mulai perencanaan, pelaksanaan sampai ke tahap evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahap perencanaan yang matang dan terarah sebelum proses pembelajaran mitigasi dilaksanakan sangat berpengaruh pada pelaksanaan dan hasil ahir dari setiap perkembangan perilaku anak khususnya anak tungrahita. Aktifitas anak berkembang dengan baik melalui pembelajaran mitigasi yang dilaksanakan oleh guru.
Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran mitigasi bencana kebakaran dapat menstimulasi perkembangan perilaku yang signifikan pada anak berkebutuhan khusus, maka disarankan kepada pengelola lembaga sekolah inklusi dan juga guru hendaknya hasil penelitian ini bisa dijadikan alternatif inovasi pembelajaran di sekolah inklusi.