Abstract:
Mahasiswa pendidikan keguruan merupakan generasi utama untuk keberlanjutan profesi guru. Berdasarkan hasil identifikasi mahasiswa Pendidikan Geografi terdapat permasalahan diantaranya; mahasiswa Pendidikan Geografi sebagai calon guru juga kurang siap mental saat melaksanakan Program Praktik Lapangan (PPL). Masalah tersebut menyebabkan mahasiswa Pendidikan Geografi kurang mengembangkan potensi diri dalam keterampilan mengajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang ditimbulkan dari tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas yaitu Minat Menjadi Guru (X1), Lingkungan Keluarga (X2) dan satu variabel terikat yaitu Prestasi Belajar (Y). Berdasarkan hasil penelitian, terdapat korelasi positif antara minat menjadi guru dengan prestasi belajar dibandingkan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar. Secara keseluruhan hasil yang didapatkan menunjukkan adanya hubungan yang positif antara minat menjadi guru, lingkungan keluarga secara bersamaan dengan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Geografi.