Abstract:
Penelitian-penelitian tentang penggunaan bahan ajar di Perguruan Tinggi
dalam proses pembelajaran terhadap berpikir tinggi telah banyak dilakukan. Hasil
penelitian-penelitian tersebut menunjukkan, bahwa bahan ajar hasil
pengembangan pada mata kuliah Botani Tumbuhan secara umum masih sedikit
menyinggung materi lokal. Oleh sebab itu peneliti terdorong untuk mengadakan
penelitian tentang pengembangan buku ilmiah populer (BIP) keanekaragaman
tumbuhan lahan basah rawa dalam meningkatkan tetrampilan berpikir tingkat
tinggi mahasiswa. Jenis yang digunakan dalam penelitian vegetasi adalah
penelitian pengembangan /Research and Development (R&D). Subjek penelitian
adalah 3 pakar validasi bahan ajar, 2 dosen mitra, dan Mahasiswa Program Studi
Pendidikan Biologi ULM berjumlah 55 orang, dengan objek penelitian berupa
BIP keanekaragaman tumbuhan lahan basah rawa. Data yang dikumulkan berupa
data kevalidan, kepraktisan dan kefektifan BIP yang dikembangkan dan
penelitian dianalisa secara disekriptif dengan menggunakan katagori. Hasil
penelitian menunjukkan, bahwa BIP yang dikembangkan Sangat Praktis, Sangat
Praktis dan Sangat Efektif digunakan dalam menumbuhkan Berfikir Kritis
Mahasiswa.