Abstract:
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengintegrasian kearifan lokal Kalimantan Selatan dalam proses pembelajaran Fisika kelas XI. Metode yang digunakan berupa studi literatur. Berdasarkan pandangan teori belajar Sosiokultural, proses pembelajaran harus didasarkan pada fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal peserta didik. Kearifan lokal Kalimantan Selatan sangat cocok untuk diintegrasikan dalam pembelajaran fisika kelas XI agar tercipta pembelajaran yang lebih bermakna. Berbagai materi fisika kelas XI yang dapat diintegrasikan dengan kearifan lokal Kalimantan Selatan di antaranya permainan basumpitan diintegrasikan dengan materi elastisitas, rumah lanting untuk materi fluida statis, pasar terapung untuk materi fluida dinamis, gula batu itik untuk materi suhu dan kalor, serta alat musik panting untuk materi gelombang bunyi. Pengintegrasian Kearifan Lokal ini dapat membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran sehingga tercipta pembelajaran fisika menjadi menyenangkan dan bermakna.