Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas perangkat pembelajaran fisika bermuatan lingkungan lahan basah untuk melatihkan karakter waja sampai kaputing. Penelitian ini merupakan penelitian research and development dengan model ADDIE, namun pada artikel ini hanya memuat dua tahap yaitu tahap implementation dan evaluation. Produk yang dikembangkan berupa Rencana Proses Pembelajran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Tes Hasil Belajar (THB) dan materi ajar pada materi fluida statis. Subjek penelitian ini berupa 25 orang siswa di salah satu SMAN di kota Banjarmasin. Data diperoleh melalui lembar pengamatan ketercapaian karakter dengan cara mengamati setiap siswa terhadap karakter yang dilatihkan. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik skor rata-rata dan dibandingkan dengan tabel efektivitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa efektivitas perangkat pembelajaran berkategori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas pada materi fluida statis.