Abstract:
Pengenalan electronic goverment (e-government) sebagai teknologi informasi dan komunikasi dalam pemerintahan membawa perbaikan lebih lanjut dalam organisasi dan operasional pemerintahan.Hal ini bertujuan agar pegawai dapat menjalankan dan melaksanakan tugas dan fungsinya secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumen.Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan e-government yang diperkenalkan oleh Pemerintah Kabupaten Mamuju pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bagian pelayanan memberikan manfaat terhadap kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan yang ada kepada masyarakat, berdasarkan pada penyampaian pelayanan yang baik dan efektif. Ada kemungkinan hal itu akan terjadi dan juga memungkinkan peningkatan efisiensi dan penyediaan informasi yang konsisten kepada publik.Pemerintah perlu lebih meningkatkan sumber daya yang ada untuk mendukung kinerja. Karena ini adalah salah satu dari faktor yang mempengaruhi seberapa baik Anda memanfaatkan e-government untuk lebih aktif memantau aktivitas komunitas di platform dan media sosial yang ada, memastikan komunitas menerima respons yang lebih cepat dari staf, dan mengaktifkan program yang ada untuk memberikan informasi yang berkualitas.