Description:
Pendidikan tinggi mengalami perubahan yang signifikan seiring dengan perkembangan dan implementasi sistem informasi. Perubahan ini mendorong manusia untuk mencari strategi penanggulangan dan dukungan yang tepat dalam mengintegrasikan perubahan ini dalam kehidupan dan pekerjaan sehari-hari. Strategi pengambilan sampel snowball menggunakan jaringan penulis dan platform media sosial, kuesioner berbasis website diberikan kepada instruktur di perguruan tinggi negeri di Banjarmasin dengan pelibatan tiga ratus (300) dosen di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Banjarmasin. Pandemi Covid-19 telah mengubah pendidikan tinggi secara drastis, menyoroti peran penting Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (EMIS) dalam Manajemen Kualitas (QM). Hasil penelitian mendeskripsikan, dalam konteks pendidikan tinggi, manajemen kualitas (QM) menjadi aspek utama yang dipengaruhi oleh perkembangan ini, terutama dengan bantuan sistem informasi manajemen pendidikan (EMIS). QM adalah upaya berkelanjutan untuk meningkatkan standar kualitas dan mencapai tujuan pendidikan tinggi, termasuk sertifikasi dan akreditasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan EMIS dalam pendidikan tinggi pasca-pandemi, hubungan antara QM dan komitmen dosen terhadap teknologi, serta hubungan antara EMIS dan komitmen dosen. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan cross-sectional dengan pengambilan sampel snowball. Hasil penelitian mengungkap kompleksitas hubungan antara EMIS, QM, dan komitmen dosen terhadap teknologi. Adopsi EMIS lebih tinggi di kalangan penggemar teknologi, dan Manajemen Kualitas memiliki peran penting dalam mendukung upaya akreditasi. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam pemulihan pendidikan pasca-pandemi, terutama dalam menyediakan pelatihan yang sesuai dengan profil dosen untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, penelitian ini memiliki batasan dalam pengumpulan data dan memahami faktor budaya yang memengaruhi persepsi dan komitmen dosen. Ini menjadi fokus potensial untuk penelitian masa depan dalam bidang ini.