Abstract:
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh komunikasi, komitmen, dan insentif terhadap kinerja serta pengaruhnya secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan PT Karya Gemilang Rekatama Banjarmasin. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa komunikasi dan insentif secara serentak memiliki pengaruh penting dan komitmen merupakan faktor atau variabel yang berpengaruh dominan kepada kinerja karyawan. Dalam uraian kinerja analisis menunjukkan bahwa komunikasi masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 4,11, komitmen juga mencapai kategori baik dengan nilai rata-rata 4,02 dan insentif juga kategori baik dengan nilai rata-rata 4,10. Sedangkan naik turunnya atau besar kecilnya kinerja karyawan PT Karya Gemilang Rekatama Banjarmasin dapat diprediksi melalui regression equation (Y) = 3,342 + 0,595X1 + 0,759X2 + 0,471X3. Akhirnya, dampak variabel menunjukkan hubungan regresi yang positif dimana secara teoritis pengaruh dari variabel komunikasi, komitmen dan insentif adalah searah dengan peningkatan kinerja karyawan PT Karya Gemilang Rekatama Banjarmasin.
Description:
Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diberikan kepada pimpinan PT Karya Gemilang Rekatama adalah mempertahankan kinerja yang sudah ada, bahkan kalau memungkinkan makin ditingkatkan melalui pemberian fasilitas lainnya yang bisa mendorong kinerja karyawan yang makin tinggi pada perusahaan.. Selain itu, komitmen sangat penting karena merupakan faktor terpenting dalam meningkatkan kinerja karyawan di PT Rekatama Gemilang semakin pesat. Kepada peneliti berikutnya dapat menambah variable lain serta menambah ruang lingkup populasi dan sampel penelitian yang lebih luas. Sehingga hasil penelitian ini bisa menjadi pembanding yang berikutnya akan dapat bermanfaat untuk ilmu pengetahuan dan para praktisi dalam mengaplikasikannya di lapangan. Terima kasih kami sampaikan kepada PT Karya Gemilang Rekatama Banjarmasin yang telah memberikan ijin dapat melakukan penelitian di perusahaan ini. Semoga ke depan bisa melakukan penelitian lanjutan di tempat ini lagi dalam objek yang berbeda.