Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan di CV Wasis Kota Banjabaru. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan hasil berupa gambaran proses yang dilakukan oleh pengusaha sumur CV Wasis. Permasalahan yang ada di perusahaan antara lain keterlambatan proses perbaikan dan kurangnya pelayanan dari karyawan. Teknik analisis data menggunakan wawancara dengan jumlah informan 9 staf CV Wasis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada CV Wasis di Kota Banjabaru tidak sesuai dengan harapan antara lain staf yang kurang handal dalam pelayanannya, tidak tanggap, kurang sopan dan fisik kantor sangat berantakan, tidak terawat dan banyak fasilitas yang sudah usang. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pelayanan perlu diadakan pelatihan bagaimana melayani pelanggan dengan baik, meningkatkan daya tanggap dan kesopanan pegawai, serta segera melakukan penggantian dan perbaikan fisik kantor dan fasilitas.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan di CV Wasis Kota Banjabaru. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan hasil berupa gambaran proses yang dilakukan oleh pengusaha sumur CV Wasis. Permasalahan yang ada di perusahaan antara lain keterlambatan proses perbaikan dan kurangnya pelayanan dari karyawan. Teknik analisis data menggunakan wawancara dengan jumlah informan 9 staf CV Wasis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada CV Wasis di Kota Banjabaru tidak sesuai dengan harapan antara lain staf yang kurang handal dalam pelayanannya, tidak tanggap, kurang sopan dan fisik kantor sangat berantakan, tidak terawat dan banyak fasilitas yang sudah usang. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pelayanan perlu diadakan pelatihan bagaimana melayani pelanggan dengan baik, meningkatkan daya tanggap dan kesopanan pegawai, serta segera melakukan penggantian dan perbaikan fisik kantor dan fasilitas.