Abstract:
Kreativitas seni sastra sangat diperlukan dalam terwujudnya kompetensi
lulusan, khususnya lulusan siswa seni maupun bahasa. Proses pembelajaran dituntut
agar dapat mengkonstruksi kreativitassiswa. Agar dapat meningkatkan kreativitas,
siswa perlu didorong untuk menyelesaikan masalah yang mereka temukan dalam
kehidupan sehari-hari. Lahan basah merupakan ciri khas yang dimiliki kota
Banjarmasin pada khususnya dan Kalimantan Selatan pada umumnya. Masalah lahan
basah dapat dijadikan sumber belajar maupun sebagai objek masalah yang dapat
diselesaikan dalam proses pengajaran bahasa indonesia. Kajian lahan basah dalam
pembelajaran pentrigraf akan membuat pengajaran lebih menarik dan lebih baik jika
dibandingkan dengan memberikan permasalahan yang sifatnya tekstual yang ada
pada buku.
Pada riset ini permasalahan lahan basah dijadikan objek kajian materi dan
masalah pentrigraf untuk meningkatkan kreativitassiswa. Rancangan riset ini
mendukung pengembangkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, kompetensi
pendidik, media dan bahan ajar, serta metode pembelajaran untuk mendukung sistem
pembelajaran, serta menigkatan kompetensi lulusan dengan mempertahankan
berkearifan lokal. Jika meninjau dengan RIP LPPM ULM, terlihat bahwa produk
akhir dari penelitian ini memiliki relevansi dengan topik riset pendidikan yaitu yaitu
(1) Kajian, pengembangan, dan Pemanfaatan serta inovasi IT dalam pelaksanaan
pendidikan berbasis lahan basah dan berkearifan lokal; dan (2) Kajian,
pengembangan, dan Pemanfaatan serta inovasi IT dalam bahan dan media
pembelajaran. Serta produk penelitian ini telah sesuai dengan Road Map Penelitian
bidang Pendidikan ULM tahun 2020-2024.