Abstract:
Keterampilan yang diperlukan oleh siswa dalam menghadapi kehidupan, dunia kerja, dan kewarganegaraan di abad 21 yang masih memiliki kesinambungan dengan revolusi industri 4.0 ditekankan pada keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, berpikir analitis, berpikir logis dan memecahkan masalah. Berkaca dari keterampilan yang harus dikembangkan di masa ini, proses pembelajaran juga harus mengarah pada pembentukan keterampilan yang relevan dengan era revolusi industri 4.0. Fokus pada pengembangan keterampilan revolusi industri 4.0, proses pembelajaran sejatinya juga harus memperhatikan pengembangan multiple intelligence siswa. Namun yang terjadi dilapangan adalah guru masih kesulitan dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa sekolah dasar di Kalimantan Selatan karena tidak ada bahan ajar yang mengacu langsung pada pengembangan keterampilan siswa, kecerdasan majemuk siswa, juga belum berkembang dengan maksimal karena guru tidak pernah memiliki bahan ajar yang mengarah pada pengembangan multiple intelligence siswa. Permasalahan ini akan dipecahkan dengan solusi pengembangan bahan ajar berbasis keterampilan revolusi indutri 4.0 dan pengembangan multiple intelligence siswa. Usulan penelitian ini telah dipertimbangkan dengan memperhatikan aspek kebermaknaan bahan ajar agar dapat digunakan untuk memberikan penanaman berbagai keterampilan untuk dapat mengelola lingkungan lahan basah serta berorientasi pada pemeliharaan kelestarian lingkungan lahan basah. Bahan ajar yang akan dikembangkan juga akan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kalimantan Selatan mulai substansi dan esensi dari bahan ajar yang akan diteliti. Pada akhirnya, penelitian ini sangat berpotensi untuk mendukung arah fokus penelitian di Universitas Lambung Mangkurat di bidang Pendidikan dan Seni Budaya. Luaran dari penelitian ini akan menghasilkan produk bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru dan siswa sekolah dasar se Kalimantan Selatan khususnya di daerah bantaran sungai dan sekitar lingkungan lahan basah agar generasi penerus masa mendatang dapat berkontribusi mengembangkan potensi lahan basah dan mendukung program pelestarian lingkungan lahan basah Kalimantan Selatan. Penelitian ini juga akan menjadi salah satu pendukung keberhasilan pencapaian roadmap bidang Pendidikan dan Seni Budaya dalam rangka mewujudkan Universitas Lambung Mangkurat sebagai pusat pengembangan lahan basah di Asia Pasifik pada tahun 2027. Penelitian ini akan menghasilkan produk bahan ajar yang tidak hanya fokus pada pengembangan keterampilan siswa untuk berkontribusi mengembangkan muatan potensi lahan basah dan melestarikan kearifan local masyarakat Kalimantan Selatan, tetapi juga memberikan solusi terhadap ketersediaan bahan ajar berbasis keterampilan revolusi 4.0 dan Multiple Intelligence siswa. Bahan ajar kelas 4 Tema 4 “Berbagai Pekerjaan disekitarku” yang dapat meningkatkan keterampilan revolusi industri 4.0 dan multiple intelligence siswa berbasis kearifan local Kalimantan selatan telah divalidasi oleh pakar dengan skor validitas 607 katagori sangat valid