Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas modul pembelajaran IPA SMP
berbasis literasi sains pada materi sistem tata surya berdasarkan penilaian para validator.
Modul pembelajaran dikembangkan dengan model pengembangan 4D. Tetapi, pada
penelitian ini hanya sampai pada tahap validasi. Instrumen yang digunakan pada
penelitian ini adalah lembar validasi modul pembelajaran berbasis literasi sains, yang
telah di validasi oleh lima orang validator. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis
validitas isi menurut Aiken’s V. sedangka kriteria valid yang digunakan berdasarkan
tabel Aiken’s V adalah nilai indeks V yang didapat minimal berjumlah 0.87. Hasil
penelitian yang diperoleh berdasarkan data hasil validasi menunjukkan bahwa modul
pembelajaran berbasis literasi sains memiliki tingkat validitas yang sangat baik ditinjau
dari lima aspek: 1) kelengkapan penyajian buku memperoleh skor 0.96 kriteria sangat
valid, 2) kelayakan isi memperoleh skor 0.90 kriteria sangat valid, 3) teknik penyajian
memperoleh skor 0.98 kriteria sangat valid, 4) bahasa memperoleh skor 0.93 kriteria
sangat valid, dan 5) literasi sains memperoleh skor 0.84 juga dengan kriteria sangat valid.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan modul pembelajaran IPA
SMP berbasis literasi sains pada materi sistem tata surya yang dikembangkan oleh
peneliti dinyatakan valid pada kelima aspek tersebut. Peneliti berkeyakinan bahwa modul
pembelajaran yang dikembangkan ini dapat memfasilitasi guru dalam proses
pembelajaran dan diharapkan dengan modul pembelajaran yang dikembangkan ini
peserta didik juga dapat memahami dan menguasai pembelajaran IPA terpadu dengan
lebih mudah.