Abstract:
Media gambar (2D) yang digunakan pada sumber belajar belum mampu menunjukkan secara detail mengenai materi atmosfer. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran materi atmosfer melalui aplikasi powtoon berupa video animasi yang valid dan praktis. Sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi serta angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji validitas Aiken’s V dan presentase. Aiken’s V digunakan sebagai perhitungan skor validitas dan Presentase sebagai perhitungan skor respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan media
pembelajaran video animasi memperoleh skor validitas ahli media 0,81 dengan kategori sangat valid dan validitas ahli materi sebesar 0,85 dengan kategori sangat valid. Media pembelajaran video animasi juga telah diuji cobakan kepada sepuluh orang siswa untuk kelompok kecil dan memperoleh skor sebesar 84,2% dengan kategori sangat
praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi materi atmosfer dinyatakan sangat layak dan sangat praktis digunakan sebagai sumber belajar disekolah