Abstract:
Penelitian tentang penerapan model pembalajaraan Quantum
berbasis gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar kognitif pada materi
hidrokarbon kelas 10 SMA PGRI 1 Banjarmasin dilakukan. Tujuan penelitian
untuk mengethui perbedaan hasil belajar kognitif antara kelas eksperimen
(kelas yang diterapkan model pembelajaran Quantum berbasis kinestetik)
denggan kelas kontrol yang menggunakan cara pembelajaran konvensional.
Metode penelitian menggunakan meetode eksperimen semu (quuasy
eksperiment) dengan desain pre-test and post-test non-equivalent control
group design. Sampel penelitian adalah kelas X,.2 dengan jumlah 40 siswa
sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 dengan jumlah 40 siswa sebagai kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik
analisis data menggunakan uji Mann-Whitney untuk menganalisis hasil belajar
kognitif siswa. Data hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaaan hasil
belajar kognitif antara siswa yang belajar dengan mengunaakan model
pembelajaraan Quantum berbasis gaya belajar kinestetik dengan siswa yang
belajar dengan menggunakan cara pembelajaraan konvensional