Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih sulit dan abstraknya topik materi kestabilan suhu tubuh
makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari ini, di karenakan topik materi ini masih kurangnya konten muatan
literasi sains pada buku ajar yang digunakan peserta didik di sekolah. Maka peneliti melakukan penelitian dan
pengembangan bahan ajar IPA berbasis literasi sains pada Topik Kestabilan Suhu Tubuh Makhluk Hidup dalam
Kehidupan Sehari-hari kelas VII. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Penelitian ini bermaksud akan mendeskripsikan validitas modul pembelajaran IPA SMP berbasis literasi sains
berdasarkan penilaian para ahli atau validator. Modul pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan model
pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun tetapi penelitian ini sampai pada tahap validasi pakar (develop) saja. Instrumen yang dipergunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi modul
pembelajaran berbasis literasi sains. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan data hasil validasi menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis literasi sains mempunyai tingkat validitas yang sangat baik dilihat dari
enam aspek: (1) aspek format modul memperoleh skor 3,84 (2) aspek bahasa memperoleh skor 3,79 (3) aspek
isi modul memperoleh skor 3,91 (4) aspek penyajian modul memperoleh skor 3,73 (5) aspek manfaat atau
kegunaan modul memperoleh skor 3,83 (6) aspek literasi sains memperoleh skor 3,83. Hasil dari skor ke 6
aspek memiliki kriteria sangat valid dan rata-rata reliabilitas untuk ke 6 aspek yaitu 97%. Berdasarkan rata-rata
hasil validasi dan reliabilitas modul tersebut, modul IPA SMP berbasis literasi sains pada topik kestabilan suhu
tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari kelas VII yang dikembangkan oleh peneliti dengan kriteria
sangat valid dan layak untuk digunakan