Abstract:
Telah dilakukan penelitian tentang meningkatkan keterampilan
argumentasi kritis dan self-efficacy siswa melalui model pembelajaran Inquiry
Based Learning (IBL) pada materi larutan penyangga pada siswa kelas XI MIA
1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas guru; (2) aktivitas
siswa; (3) self-efficacy siswa; (4) keterampilan argumentasi kritis siswa; (5)
hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan rancangan
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa
kelas XI MIA 1 SMAN 9 Banjarmasin dengan jumlah 34 orang. Instrumen
penelitian berupa tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan
pada; (1) aktivitas guru menunjukkan kategori baik menjadi sangat baik, (2)
aktivitas siswa menunjukkan kategori cukup aktif menjadi sangat aktif, (3) selfefficacy siswa menunjukkan kategori cukup baik menjadi baik, (4) keterampilan
argumentasi kritis menunjukkan kategori cukup kritis menjadi kritis;(5) hasil
belajar pengetahuan menunjukkan kategori sedang menjadi baik dengan model
IBL.